UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
SILABUS
Nomor : 29
Mata Kuliah : Psikologi Konseling
Kode Mata Kuliah : PPB 514
Bobot : 2 SKS
Dosen : 1. Prof. Dr. H. Moh. Surya. (0117)
2. Dra. Hj. Nani M. Sugandhi, M.Pd. (0321)
3. Dra. Anne Hafina, M.Pd. (0614)
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Prasyarat : Lulus Psikologi Umum
Waktu Perkuliahan Semester Genap (6)
A. Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup : Konsep dasar konseling, konseling sebagai proses psikologis dan memperoleh pengalaman baru, karakteristik konselor dan klien, aspek kognitif, emosi dan motivasi dalam konseling, komunikasi dalam konseling, konseling dengan pendekatan holistik, masalah-masalah psikologis yang dihadapi konselor pemula.
B. Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan :
a. Ceramah, tanya jawab dan diskusi di kelas.
b. Penyajian makalah di kelas.
c. Melakukan observasi dan wawancara dengan “klien”.
d. Menyajikan hasil analisis psikologis terhadap pengalaman sendiri dan klien
C. Evaluasi Hasil belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a. Kehadiran di kelas minimal 80%
b. Partisipasi kegiatan kelas
c. Pembuatan dan penyajian makalah
d. Laporan hasil analisis psikologis
e. UTS dan UAS
D. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan
I. Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai masukan dari mahasiswa untuk memberi kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan yang dianggap tidak penting dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting. Sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus, pada pertemuan ini dikemukakan pula tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber,
II. Pengertian konseling : Pengertian konseling menurut beberapa ahli, dan berdasarkan tujuh kata kunci dalam konseling.
III. Konseling sebagai proses psikologis, persamaan dan perbedaan antara konseling dan psikoterapi, unsur-unsur yang terlibat dalam konseling serta teori, proses dan riset dalam konseling.
IV. Konseling sebagai proses memperoleh pengalaman baru, membahas tentang pengalaman yang perlu diperoleh klien dalam konseling tentang mengenal konflik-konflik internal, menghadapi realitas , mengembangkan tilikan, memulai suatu hubungan baru, meningkatkan kebebasan psikologis dan memperbaiki konsepsi-konsepsi yang keliru.
V. Karakteristik konselor, membahas tentang pentingnya kepribadian konselor, kualitas konselor, hal-hal yang harus diperhatikan oleh konselor pemula, dan kearifan sebagai suatu kualitas kepribadian konselor.
VI. Karakteristik Klien, membahas tentang konsep psychological strength atau daya psikologis, pemenuhan kebutuhan, kompetensi intra pribadi, dan kompetensi antar pribadi.
VII. Aspek kognitif dalam konseling, membahas tentang asumsi-asumsi yang keliru dilihat dari perkembangannya, karakteristik, resistensi dalam kekeliruan berfikir, pertimbangan konselor dalam menghadapi klien yang memiliki asumsi yang keliru.
VIII. Aspek emosi dalam konseling, membahas tentang pengertian emosi, proses emosi, proses pengkhususan emosi, jenis-jenis emosi spesifik yaitu sakit hati, takut, marah, dan rasa bersalah.
IX. UTS
X. Aspek motivasi dalam konseling, membahas tentang konsep motivasi, teori motivasi, prinsip-prinsip motivasi,
XI. Aspek budaya dalam konseling, menyajikan bahasan tentang pengertian budaya, muatan budaya dalam konseling, bias budaya dalam teori konseling dan enkapsulasi konselor dalam konsling.
XII. Menyajikan laporan hasil analisis psikologis, mahasiswa ditugaskan untuk menganalisis kondisi-kondisi psikologis dan pengalamannya berdasarkan aspek kognisi, emosi dan konflik-konflik internalnya. Hasil analsis didiskusikan di dalam kelas.
XIII. Komunikasi dalam konseling, membahas tentang dimensi personal, kontekstual, relasi dalam konseling, dan komunikasi non verbal.
XIV. Pendekatan holistik dalam konseling, membahas tentang aspek psikologis dalam melihat karakteristik klien berdasarkan agama, etnik, peran seksual (gender), status ekonomi, latar belakang keluarga, tahapan perkembangan, keunikannya dan lokasi .
XV. Masalah-masalah psikologis yang dihadapi konselor pemula, berkaitan dengan pergaulan, fragmentasi, ketidaksabaran, merumuskan tujuan konseling,
XVI. UAS
E. Daftar Literatur
Brammer, L.M; and Shostrom E.L, (1982), Therapeutic Psycholy: Fundamentals of Counseling and Psychotherapy, Fourth Ed, Englewood Cliffs, N.J. Prentice Hall Inc.
Cavanagh, M.E., (1982), The Counseling Experience: A Theoritical and Practical Approach, Monterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.
Surya, Moh, (2004), Psikologi Konseling, Pustaka bani Quraisy, Bandung.
__________, (1988), Bunga rampai 1986-1987, Kumpulan Karya Tulis, Jur. PPB FIP IKIP, Bandung.
Jurnal : Counseling Development
Internet : http://www/ericfacility.net/ericdigest/index
Dosen dapat dihubungi melalui :
No Nama Dosen Tlp/HP/e-mail
1. Prof. Dr. H. Moh. Surya :
2 Dra. Hj. Nani M. Sugandhi, M.Pd : 022-6123834/ 08121435495
3 Dra. Anne Hafina, M.Pd : 022-2014741/08122112911
e-mail : annehr@upi.edu
annehr@bdg.centrin.net.id
Selasa, 24 Februari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar